Saturday 19 November 2016

pengertian seni....... kesenian.........

Seni pada mulanya adalah proses dari manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Dewasa ini, seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreativitas manusia. Seni juga dapat diartikan dengan sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan.

Seni sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit dinilai. Bahwa masing-masing individu pelaku seni memilih sendiri peraturan dan parameter yang menuntunnya atau kerjanya, masih bisa dikatakan bahwa seni adalah proses dan produk dari memilih medium, dan suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu.
sumber : wikipedia

Sedangkan pengertian seni menurut Ki Hajar Dewantara

Seni menurut Ki Hajar Dewantara merupakan perbuatan (tingkah laku) manusia yang muncul dari hidupnya, perasaannya, dan memiliki sifat indah sehingga mampu menggetarkan jiwa perasaan manusia.

Pengertian Seni menurut Ensiklopedia Indonesia

Seni merupakan segala macam, ciptaan manusia yang karena keindahannya orang senang untuk melihat, mendengarkan maupun menikmatinya
Cabang-cabang dari seni
Teguh Karya sang maestro seniman drama

Seni Drama

Kata drama sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu Dramos yang dalam bahasa Indonesianya adalah Pertunjukan tentang kehidupan seseorang, jadi drama merupakan sebuah pertunjukan (lakon) yang ditampilkan dalam sebuah pentas. Dalam mementaskan sebuah drama bisa melalui berbagai macam media yang meliputi panggung, Televisi, Film dan masih banyak lagi. Contoh drama di Indonesia dapat anda temui disekitar anda, misalnya saja untuk daerah jawa

tengah mengenal yang namanya Wayang orang, ludruk dan ketoprak.
Seni Tari (Tari Saman)

Seni Tari

Seni tari merupakan gerak tubuh berirama yang diiringi tingkah laku dan mimik seseorang sehingga timbullah suatu keindahan. Sebuah tari biasanya akan dibarengi dengan musik supaya bisa menambah keindahan tari tersebut. Yang dimaksud dengan musik disini adalah sebuah bunyi-bunyian yang mengatur dan mengiringi gerakan si penari.

Seni Rupa

Seni rupa merupakan salah satu dari cabang seni yang identik dengan penglihatan (visual) meskipun sebenarnya seni rupa juga bisa dirasakan melalui indra peraba. Seni yang tercipta karena pengolahan titik, bidang, garis, volume, bentuk, tekstur dan gelap terang (pencahayaan) ini merupakan cabang seni yang banyak sekali terdapat disekitar kita. Misalnya saja lukisan, patung dan sebagainya.
Seni Musik

Seni Musik

Musik merupakan sebuah bunyi yang mengandung irama, lagu dan keharmonisan yang indah. Musik biasanya ditimbulkan oleh alat-alat musik, meskipun demikian suara manusia yang indah juga bisa dikatakan sebagai musik. Musik yang diciptakan dari suara manusia disebut dengan vokal sedangkan musik yang ditimbulkan dari alat musik dinamakan dengan Instrumental.

Seni Sastra

Seni sastra (kesusastraan) merupakan merupakan jenis tulisan yang mempunyai sebuah arti dan keindahan tertentu. Kesusastraan berasal dari bahasa sansekerta yaitu susastra. Su memiliki arti baik sedangkan sastra memiliki arti buku, jadi kesusastraan artinya buku (tulisan) yang memiliki bahasa yang baik dan Indah.

dan masih banyak lagi tentang seni yang akan kami ulas dalam blog sederhana ini, seni tradisional (daerah, seni beladiri, seni komputer dll)

0 comments:

Post a Comment

INDONESIA - Jamrud khatulistiwa, dengan kekayaan seni, budaya dan bahasa